Kalahkan IE, Chrome Jadi Browser Nomor Satu

chrome-browser.jpg

CALIFORNIA - Menurut StatCounter, Google Chrome kembali meraih prestasi terbaru. Versi terbaru dari browser web raksasa pencarian itu baru saja melengserkan Internet Explorer (IE8) menjadi browser web dekstop yang paling populer di dunia.

Dilansir Mashable, Jumat (16/12/2011), Chrome 15 kini menguasai 24,55 persen pasar di seluruh dunia, mengalahkan IE8 yang memiliki 22,16 persen. Sedangkan Firefox 8.0 tertinggal jauh di 15,53 persen.

Melihat tingginya pangsa Internet Explorer, tidak bisa dilepaskan dari keterkaitannya dengan Windows. Internet Explorer merupakan browser default pada mesin Windows, sehingga membuatnya menjadi dominan di pangsa pasar.

IE8 dirilis pada 2008 adalah versi terakhir dari browser, yang dibuat supaya kompatibel dengan PC yang menjalankan Windows XP, OS sebelum Windows Vista dan Windows 7.

Meskipun versi 15, Chrome sebenarnya bisa dibilang sebagai browser baru, yang pertama kali diluncurkan pada 2008. Chrome saat itu menjadi sangat populer di kalangan 'tech-savvy' untuk kecepatan, desain spartan, frekuensi dan update otomatis. Fitur tersebut akhirnya ditiru oleh browser lain, termasuk Internet Explorer. (tyo)


Sumber : Okezone