Helpdesk - Tidak Bisa Akses Email Menggunakan Ip Provider Lain

  1. Konfirmasi ke customer: nama atau customer id  cari data teknis nya di is.nusa.net.id.
  2. Ketika customer komplen tidak bisa akses email (send/receive email) dari email client, coba pandu customernya untuk aktifkan aplikasi team viewer untuk melakukan remote ke Pc customer.
  3. Setelah bisa diremote pc customernya, coba buka emailnya dari webmail.namadomain customernya dari browsernya.
  4. Jika webmail tidak bisa terbuka, Berarti Ip koneksi customer sudah di blok di server kita.
  5. Cek IP customer yang tidak bisa akses webmail dengan cara: Melalui website http://ipgue.com atau melalui website http://whatismyipaddress.com/
  6. Masuk ke Aplikasi Putty untuk login ke server gg.nusa.net.id dengan menggunakan login dan password yang sudah diberikan.
  7. Setelah login ke server nya, ketikkan sudo ipset add nbf <IP publicnya>

Contoh : sudo ipset add nbf 110.232.67.121