Helpdesk - PC Tidak Konek Internet

  1. Konfirmasi ke customer: nama atau customer id atau alamat pemasangan. cari data teknis nya di is.nusa.net.id.
  2. Tanyakan customer PC client konek pakai kabel lan atau WIFI dengan melihat status simbol monitor di sudut kanan bawah layar untuk kabel dan sinyal wifi untuk konek dengan wifi
  3. Jika status client terkonek internet tapi tidak bisa browsing, pastikan settingan di router sudah benar seperti settingan ; IP, DNS, wirelesse dan DHCP
  4. Jika setingan di router sudah benar pastikan settingan di pc client
  5. Cek pc konek dengan lan, pastikan settingan IP dan DNS sudah benar lalu ping IP gateway lokal serta DNS nusanet
  6. Jika ping IP gateway lokal rto/dhu setelah set IP dengan benar coba pindah kabel di port lain router
  7. Jika ping DNS rto/dhu tapi ping IP gateway lokal dengan settingan di router sudah benar coba restart router
  8. Jika dengan wifi terkonek tapi tidak bisa browsing untuk router RB delete leases DHCP IP dan reboot, setelah itu forged wifi di device client
  9. Untuk router asus, tp-link atau merk lainnya ganti mode wifi dengan yang lain dan reboot perangkat dan jika pakai repeater dan AP wifi coba lakukan hal yang sama
  10. Jika sudah di coba cara tersebut dan masih belum bisa juga, open ticket Insiden dengan judul "PC Tidak Bisa konek internet"